Evolusi roda Roda
Evolusi roda Roda batu pertama Manusia purba di era Palaeolithic (15.000 hingga 750.000 tahun yang lalu) menemukan bahwa benda-benda bundar yang berat dapat lebih mudah dipindahkan dengan menggulingkannya daripada benda-benda besar dan tidak teratur. Realisasi dibuat bahwa beberapa benda berat dapat diangkut jika benda bulat seperti pohon tumbang ditempatkan di bawahnya dan benda berat berguling di atasnya. Namun, diagram pada tabel tanah liat kuno menunjukkan roda tidak terwujud selama ribuan tahun sampai roda tembikar digunakan di Mesopotamia (Irak modern) pada 3500 SM.
Roda kayu tertua yang ditemukan sejauh ini ditemukan di Ljubljana, Slovenia dan diyakini tanggal kembali ke sekitar 3200 SM. Pada saat yang sama roda pertama kali digunakan untuk transportasi di kereta. Dengan kebutuhan akan kecepatan dan kemampuan manuver yang lebih besar, orang Mesir menciptakan roda yang dikenali sekitar 2000 SM, sementara kereta Celtic satu milenium kemudian menggunakan pelek besi untuk kekuatan yang lebih besar. Namun, roda sebagian besar tetap tidak menarik sampai abad ke-19 ketika Robert William Thompson menemukan ban pneumatik, roda karet menggunakan udara terkompresi yang membuka jalan untuk ban mobil dan sepeda.
Roda sepanjang zaman
Roda telah digunakan secara luas dan diperbaiki sepanjang sejarah, tetapi bagaimana manusia memanfaatkan kepraktisannya? Evolusi roda Semua Tentang Sejarah Seperti yang ditunjukkan pada ilustrasi di atas, Homo sapiens awal menyadari bahwa benda bulat dapat dengan mudah dipindahkan dengan menggulingkannya. Keturunan mereka maju teknik bergulir ini ke dalam transportasi benda-benda besar di batang silinder. Penemuan roda dan gandar memungkinkan gelinding bergulir untuk ditempatkan melalui lubang di roda untuk membuat gerobak. Balap chariot sangat berpengaruh dalam evolusi roda yang berbicara karena mereka memungkinkan kereta untuk bergerak lebih cepat. Penemuan ban karet berisi udara memungkinkan roda menjadi jauh lebih cepat, lebih kuat dan kuat, akhirnya mendefinisikan ulang transportasiPada pemikiran pertama, roda mungkin tampak biasa-biasa saja dan mendasar. Mempertimbangkan teknologi modern, desain roda yang sederhana dan bulat tidak tampak seperti penemuan yang terlalu pintar atau sulit. Roda adalah, bagaimanapun, salah satu penemuan paling penting dan bermanfaat yang dibuat oleh manusia. Ini telah membantu peradaban tumbuh melalui transportasi dan mesin, semua karena kemampuannya untuk memutar dan membuat barang bergerak lebih mudah dan dengan sedikit usaha. Tanpa roda, banyak kemewahan yang dinikmati orang saat ini, seperti mengendarai mobil, tidak akan ada. Mobil, bagaimanapun, bukan satu-satunya yang mendapat manfaat dari penemuan roda. Roda telah digunakan untuk segala sesuatu dari gerbong yang membawa keluarga ke Barat ke roda air yang digunakan untuk menghasilkan tenaga. Setiap hari, orang mengandalkan roda mobil paling banyak. Dengan belajar tentang roda, seseorang dapat sepenuhnya menghargai signifikansi dan dampaknya pada dunia pada umumnya. Siapa yang Menemukan Roda dan Kapan? Penemuan roda yang sebenarnya paling sering ditelusuri kembali ke Irak awal. Selama waktu itu, Irak dikenal sebagai Mesopotamia. Meskipun tanggal yang pasti tidak diketahui, penemuan roda telah tanggal untuk sekitar 3500 SM, ketika itu digunakan sebagai roda tembikar. Meskipun ini adalah referensi paling umum untuk penemuan roda, manusia diketahui telah menggunakan kayu gelondongan sebagai rol untuk mengangkut benda berat sejauh 12.000 tahun yang lalu. Roda dan Bentuk Awal Transportasi Penggunaan pertama roda untuk transportasi adalah untuk kereta dan gerobak sekitar 3000 SM, yang jauh sebelum mobil. Ini juga terjadi di Irak kuno. Roda pada saat itu adalah cakram kayu solid yang dilekatkan pada gandar kayu. As roda membantu roda berputar ketika ditarik oleh kuda atau lembu. Jari-jari di roda datang sekitar seribu tahun kemudian, pada tahun 2000 SM, dan sering digunakan oleh orang Mesir selama masa perang. Roda dan Galah Tanpa roda, migrasi ke barat tidak akan mungkin bagi para pemukim Amerika. Keluarga bepergian dengan kereta tertutup yang membutuhkan penggunaan empat roda untuk melakukan perjalanan melintasi medan yang sering terjal. Di sebagian besar gerbong, roda lebih besar di bagian belakang dan lebih kecil di bagian depan untuk memudahkan putaran. Wortons digunakan untuk keperluan lain selain ekspansi ke arah barat. Gerobak Conestoga adalah jenis kereta barang yang digunakan untuk membawa barang, misalnya, dan populer selama abad 18 dan 19. Gerobak lain termasuk gerobak pertanian dan pengiriman, yang semuanya membutuhkan empat roda, roda-roda kembali menjadi lebih besar di belakang dan lebih kecil di depan. Roda dan Mobil Ban ditempatkan di atas roda untuk mengurangi keausan dan meningkatkan kinerja mereka di jalan yang kasar. Ban awal terbuat dari kulit atau baja, yang ditempa di sekitar roda. Ini akhirnya digantikan oleh karet padat, yang muncul setelah penemuan karet vulkanisir oleh Charles Goodyear pada 1800-an. Ban karet padat menjadi sangat umum pada sepeda, tetapi itu kurang ketika datang untuk menyerap kejutan dari jalan. Meski tahan lama, ban karet padat bisa membuat perjalanan tidak nyaman. Di Perancis, pada tahun 1846, Robert William Thomson menemukan ban pneumatik pertama, meskipun kredit sering tidak diberikan kepadanya. Ban Thomson mahal dan hanya mendapat sedikit perhatian; Penemuan John Dunlop pada tahun 1888 ban pneumatik sepeda sering dikreditkan sebagai yang pertama dari jenisnya. Ban berisi udara ini akan segera menggantikan ban karet padat yang digunakan pada sepeda, karena mereka lebih baik dalam penyerapan dampak dan membuat pengalaman mengendarai sepeda menjadi lebih mulus. Selain itu, ban pneumatik ideal ketika datang ke industri otomotif dan kendaraan yang lebih berat. Upaya pertama untuk menggunakan ban pneumatik di mobil adalah oleh Andre Michelin pada tahun 1895, ketika ban digunakan dalam perlombaan. Sementara dia tidak berhasil memenangkan perlombaan, ban tersebut memicu banyak minat. Ban pneumatik segera menjadi ban pilihan dan masih digunakan pada roda saat ini.
ConversionConversion EmoticonEmoticon